Tips Agar Kaki Tak Bau

Selain sebagai alas kaki, sepatu juga berfungsi untuk menunjang penampilan. Kepercayaan diri seseorang mungkin akan meningkat sesuai dengan sepatu yang mereka kenakan. Namun bagaimana jika sepatu Anda rupanya meyebabkan bau kaki ? Ya, tentu saja sangat tidak mengenakkan.



Ada lebih dari setengah juta kelenjar keringat di kaki Anda, sehingga tak heran jika kaki Anda menjadi ekstra 'harum' terlebih ketika cuaca panas. Ahli penyakit kaki Carolyn McAloon, DPM, menguraikan bagaimana agar Anda bisa terhindar dari bau kaki.

1. Mengganti sepatu

Memakai sepatu yang sama secara terus-menerus atau tak mengganti sepatu Anda akan membuat kaki Anda bau. Sepatu setidaknya membutuhkan 24 jam untuk benar-benar kering dari keringat setelah seharian Anda pakai. Jadi pastikan setiap pasangan sepatu Anda mendapatkan waktu untuk bernapas dan jangan gunakan sepatu yang sama setiap hari.

2. Kaus kaki

Memakai sepatu tanpa menenakan kaus kaki mungkin membuat Anda kurang nyaman. Namun penyebab kaki berbau kurang sedap yakni pemilihan kaus kaki yang salah. Hampir semua kaus kaki berbahan katun akan membuat kaki Anda menjadi bau. Untuk itu, pilihlah kaus kaki berbahan campuran nilon katun atau wol yang ramah lingkungan.

3. Rendam kaki Anda

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari bau kaki yaitu merendam kaki Anda dengan air hangat. Lakukan ini selama 15 menit beberapa kali dalam seminggu. Selain itu, tambahkan 4-6 tetes minyak pohon teh, yang bertindak sebagai antimikroba.

4. Menyimpan sepatu

Banyak orang yang menyimpan sepatu mereka di lemari. Menyimpan sepatu di ruang gelap dan kecil akan membuat sepatu Anda terkena jamur. Ini tentu saja berpengaruh untuk kaki Anda. Jika Anda ingin sepatu Anda tetap aman dan  nyaman, simpan di d tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup.