Tips Membeli Laptop Yang Bagus

Tips membeli laptop – Apakah kamu ingin membeli laptop dengan kualitas yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu? Bila kamu ingin membeli sebuah laptop, tujuan awal yang paling penting adalah untuk apa laptop yang ingin kamu beli. Apakah laptop itu nantinya dipergunakan untuk pekerjaan kantoran seperti membuat presentasi, pembukuan dll , atau laptop itu nantinya akan sering dipergunakan untuk bermain game atau olah grafis. Tentu kamu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang berbeda sesuai peruntukannya. Akan lebih mudah bagi kamu yang ingin membeli laptop untuk menentukan seberapa budget yang akan kamu persiapkan, jika sudah mengetahui tujuan peruntukan laptop tersebut. Rata rata harga laptop dipasaran saat ini berkisar mulai 3 jutaan sampai puluhan juta rupiah. Sangat disayangkan apabila uang yang kita keluarkan untuk membeli sebuah laptop, pada akhirnya laptop yang kita beli tidak sesuai dengan pengeluaran dan harapan.


 Ada beberapa tips membeli laptop yang bisa kamu jadikan pedoman sebelum kamu mencari sebuah laptop untuk kegiatan kamu sehari hari :
  • Ketahan Baterai
Daya tahan baterai sebuah laptop sangat menentukan untuk kegiatan/pekerjaan kamu. Apalagi aktifitas kamu sering diluar ruangan atau kamu seorang yang sangat mobile. Saat membeli laptop pilihlah laptop yang  mempunyai 6 cell baterai.
  • Processor laptop
Tampilan laptop memang perlu diperhatikan, namun kemampuan kerja laptop tidak dari luarnya akan tetapi dari jeroan di dalamnya seperti VGA, RAM dan processornya. Kalo budget yang kamu siapkan antara 4-5 juta, sebaiknya kamu beli laptop yang setara dengan Core i3 dan yang memiliki besaran RAM 4GB. Karena dengan budget segitu, kamu layak mendapatkan laptop dengan kualitas yang sesuai. Jangan sampai kamu membeli laptop yang memiliki RAM di bawah 4GB, itu namanya buang buang uang.
  • Purna Jual
Dengan berkembangnya teknologi, kecanggihan sebuah laptop makin hari makin meningkat. Padahal kita tahu laptop tidak bisa diupgrade seperti sebuah PC komputer. Semisal ada aplikasi baru dan dibutuhkan prosesor yang baru juga kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi tersebut. Karena Processor yang dipakai udah jadul. Maka, mau tidak mau jika ingin upgrade laptop kamu harus membeli laptop lagi yang baru. Akhirnya laptop yang lama daripada gak kepake mesti dijual. Jika kamu membeli sebuah laptop yang ber "merk" tentu purna jualnya juga bagus. Ini bisa lebih menghemat biaya saat kamu ingin menjual laptop dan membeli laptop yang baru. Kalau laptop dengan "merk"yang tidak terkenal, harga purna jualnya tentu hancur bahkan jarang yang mau membeli laptop second dengan barang yang kurang terkenal karena peminatnya gak ada.
  • Ukuran layar
Ukuran Besar kecil sebuah laptop ditentukan seberapa ukuran layar sebuah laptop. Ada beberapa ukuran layar laptop yang umum berada di pasaran mulai dari 10” (netbook) , 11” ,13” ,14” 15” . Jika kamu seorang yang mobile lebih disarankan membeli laptop dengan ukuran antara 11” – 12”. Kalo ukuran 10” terasa lebih kecil dan kurang menunjang untuk sebuah aktifitas kerja. Apabila laptop diperlukan untuk kegiatan grafis seperti mengolah dan mengedit gambar, video maka sebaiknya gunakan laptop yang memiliki layar 15” keatas. Tampilan yang lega akan menambah kejelian kamu dalam melakukan pekerjaan grafis.
  • Tanyakan dengan detail
Tanyakan kepada si penjual tentang spesifikasi dengan detail. Atau sebelum kamu membeli laptop, bisa searching di mbah google dulu model, tipe dan merk laptop yang kamu incar. Amati spesifikasi sebuah laptop tersebut. Kemudian kamu bisa bertanya tentang detail laptop kepada sales atau si penjual. Mungkin tips membeli laptop tersebut diatas bisa membantu kamu dan bisa kamu jadikan pedoman sebelum kamu membeli laptop, agar kamu tidak salah pilih dan berharap bisa mendapatkan laptop dengan harga dan barang yang sesuai dengan keinginanmu.
Posting Komentar