Cara Setting Domain Custom Ke Blogspot

Apa itu custom Domain ke Blogspot?

Biasanya custom domain di lakukan untuk yang ingin mengganti link/url nama websitenya semisal domainsaya.blogspot.com menjadi domainsaya.net dan sebagainya. Custom domain sebenarnya bisa hanya berbekal domain saja dan tanpa perlu hosting, karena platform blogger sudah menyediakan server mereka untuk "di pinjam" oleh user.


Bagaimana cara custom Domain ke Blogspot

Untuk yang di persiapkan tentunya sebuat nama domain berbayar yang sudah dibeli di perusahan hosting. Setiap perusahan hosting/domain berbeda-beda untuk settingan DNS ( Domain Name server ). Disini admin akan memberikan panduan settinga domain yang di beli di perusahan hosting IDwebhost.com Adapun caranya, silahkan ikuti step by step berikut ini

Step 1 Login ke client area
Akses https://member.idwebhost.com lalu login dengan username ( email yang didaftarkan ) dan password yang telah di buat pada saat mendaftar di IDwebhost.



Step 2 Mengarahkan Name Server Ke DNS IDwebhost
Setelah berhasil login maka akan di arahkan ke halaman client area. Untuk mengarahkan name server silahkan pilih menu active domain/domain aktif.


Pilih domain yang akan di edit/setting, lalu klik kelola domain


Setelah itu klik menu name server dan arahkan name server ke ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id jika sudah klik ubah name server.

Update !!
Di awal februari 2018 untuk settingan name server di IDwebhost khusus untuk pembelian baru domain dengan ektensi com berubah ( hanya domain dot com saja loh yaa ). Name server berubah menjadi DNS11.IDWEBHOST.COM , DNS12.IDWEBHOST.COM , DNS13.IDWEBHOST.COM



Untuk settingan a record dan cname silahkan klik menu alat pengelolaan >> pilih kelola DNS


Selanjutnya akan di arahkan ke halaman DNS Management, di situ ada beberapa kolom di antaranya Nama Host, Jenis Records, Alamat, Priority, dan Action. Yang perlu di isi cukup kolom Nama Host, Jenis Records, dan Alama, untuk kolom lainnya bisa di abaikan saja default. Untuk Nama host di isi dengan @ dan Jenis Records di isi dengan A(address) dan untuk alamat masukan 4 ip google
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Step 3 Pengaturan di akun bloggernya
Setelah memasukan 4 ip di dns domain selanjutnya untuk mendapatkan  kode cname login ke akun blogspotnya. Masuk ke setelan >> dasar pada menu alamat blog klik siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda



Tuliskan nama domain yang telah di daftarkan tadi semisal www.domainsaya.net lengkap dengan www setelah itu akan muncul error "kami tidak dapat memverifikasi otoritas anda untuk domain ini". hal ini di sebabkan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record dari google yang harus di masukan di pengaturan domain.


Step 4 Menambahkan kode cname di pengaturan domain
Setelah mendapatkan kode cname silahkan kembali lagi ke member area domainnya untuk memasukan kode cname tersebut. dan tambahkan juga untuk settingan www.domainsaya.net ke alamat ghs.google.com setelah semua selesai di tunggu resolve dulu untuk DNSnya biasanya antara 1-2 jam jika settingan sudah benar.


Step 5 Setting ulang di blogspotnya
Setelah semua settingan selesai di pengaturan domain, selanjutnya masuk kembali ke dasboard blogspotnya. Apabila sudah terhubung untuk nama domainnya nantinya sudah ada dalam tabel alamat blognya. Eiitss belum selesai biasanya ketika di akses domainsaya.net belum bisa tampil melainkan masih tertampil gogglenya silahkan klik edit pada domain yang di settingan lalu centang untuk redirect ke www.domainsaya.net.



Selesai.
Demikian panduan cara setting custom domain ke blogspot, semoga bisa bermanfaat. Apabila dari pembaca yang masih mengalami kesulitan silahkan bisa kontak kami untuk bisa kami bantu settingkan.










Posting Komentar