Buah Alpukat Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Coratcorets - Penelitian terbaru menunjukan, mengkonsumsi buah alpukat secara rutin minimal satu buah per hari dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita.


Buah alpukat yang enak, kaya akan lemak dan nutrisi yang lainnya, dapat bekerja selama satu minggu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini di publikasikan dalam jurnal dari American Health Association. Sama halnya seperti kacang-kacangan dan minyak zaitun, alpukat memiliki plek yang dapat meratakan atau menghancurkan asam lemak jenuh yang menyebabkan kegendutan atau obesitas. Menurut para ahli, hal ini adalah salah satu bukti untuk menambahkan lemak yang baik untuk berdiet.

Penny Kris-Etherton, sebagai pemimpin dari American Health Association di bagian gizi dan juga sebagai ahli gizi di Pennyslvania State Universty, bersama koleganya melakukan riset pada 45 orang Amerika yang mengalami kegendutan atau obesitas, tapi mereka mempunyai kadar kolesterol dan gula pada level yang bagus. Mereka menekankan diet di kehidupan sehari-hari, karena orang-orang mengkonsumsi banyak sekali makanan yang berbeda-beda tiap harinya. Namun anggota tim mengkontrol segala jenis makanan yang mereka konsumsi. Kris membagi mereka ke dalam tiga kelompok diet. Kelompok pertama menggunakan metode diet menurunkan lemak tanpa mengkonsumsi alpukat. Kelompok kedua, diet melunakan lemak tanpa konsumsi alpukat. Kelompok terakhir mengkonsumsi satu buah alpukat per harinya dengan diet melunakan lemak.

Hasilnya, pada kelompok pertama yang menggunakan metode diet menurunkan lemak tanpa alpukat dapat menurunkan 7.4 kolesterolnya. Kelompok kedua yang menggunakan diet melunakan lemak tanpa alpukat dapat menurunkan 8.3 kolesterolnya. Kelompok terakhir dengan mengkonsumsi buah alpukat perharinya dapat menurunkan kadar kolesterolnya mencapai 13 poin. ’’Cukup susah untuk membuat seseorang mengkonsumsi buah alpukat setiap harinya. Terutama di Amerika, mereka tidak begitu suka mengkonsumsi buah-buahan. Namun, kita bisa menyiasatinya dengan menambahkan buah alpukat menjadi pengganti mayonnaise di salad atau menambahkan irisan buah alpukat di sandwich,’’ papar Kris.

Hanya saja, di samping kelebihan alpukat sebagai penurun kolesterol dan membantu program diet, apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan penikmatnya. Sesuai dengan peryataan Kris, satu buah alpukat mengandung antara 200 sampai 250 kalori. ’’Jadi saya sangat menyarankan jangan hanya menambahkan sebuah alpukat dalam program diet, namun sebagai konsumen kita juga harus mengkonsumsi makanan bergizi yang lain untuk menyeimbangkan kalori dalam tubuh kita,’’ tambah Kris.

Sumber : http://www.today.com/
Posting Komentar