Cara Upload File Website Ke Hosting Lewat Cpanel

Website merupakan salah satu hal yang manfaatnya dapat di rasakan oleh masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan suatu informasi. Misalnya seperti sistem informasi, website penjualan, website company profile maupun website-website lainnya. Banyak sebagian developer yang membuat dan mengembangkan websitenya di server local atau biasa di sebut localhost. Setelah website jadi selanjutnya di pindahkan ke server online dimana server online membutuhkan suatu domain dan hosting. Pada panduan kali ini akan kami coba infokan cara upload file ke hosting lewat cpanel.

1. Seperti biasa login ke cpanel menggunakan link https://namadomain.com/cpanel


2. Cari dan klik icon file manager.



3. Nantinya akan muncul pop up dimana ada pilihan untuk direktory yang ingin di buka. Silahkan pilih Web Root (public_html/www) dan centang kotak show Hidden Files (dotfiles) seperti pada ganbar berikut.

Update : Untuk cpanel dengan versi terbaru saat ini ketika klik file manager langsung buka tab baru menuju directory /home/ tinggal klik public_html saja.

4. Silahkan klik tombol upload di menu utama file manager


5. Akan muncul pop up untuk memilih file yang akan di upload lalu pilih select file dan akan menuju directory dimana file tersebut di simpan tentunya directory dari pc/laptop anda, seperti gambar berikut.


6. Selanjutnya akan tampil progres bar upload filenya, sampai 100% itu berati untuk upload filenya sukses.


7. Kembali lagi ke menu file manager cpanelnya, dan akan menemukan file yang sudah di uplod, jika file tersebut formatnya zip selanjutnya tinggal di extrack saja.


Bagi anda yang ingin mengupload file dalam jumlah banyak mungkin bisa di kompres lebih dulu file-file tersebut ke format zip, dengan demikian anda tidak perlu upload satu persatu, akan menghemat waktu dan juga bandwitdh :D

Demikian sedikit panduan atau tutorial cara upload file ke hosting lewat cpanel semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya para pembaca di blog coratcorets ini.

Posting Komentar